4 Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Sebelum Melakukan Spa

Ibu hamil boleh saja melakukan spa. Tapi sebelum melakukannya. Ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak membahayakan Anda maupun calon bayi Anda.

booking spa murah

Spa sudah menjadi rutinitas yang dilakukan oleh sebagian wanita untuk membuat tubuhnya merasa rileks, pikiran segar, dan kembali energik serta bertenaga. Ternyata spa tidak hanya bisa dilakukan oleh wanita yang tidak sedang hamil saja. Spa bisa juga dilakukan oleh ibu hamil.

Saat spa, Anda pasti akan dipijat oleh terapis. Nah, pemijatan saat Anda sedang hamil sebenarnya memiliki manfaat positif, yakni meringankan nyeri punggung dan kaki, menurunkan ketegangan dan tingkat hormon stres, memperbaiki mood, sekaligus meningkatkan rasa bahagia, serta membuat tidur lebih nyenyak. Meskipun memberikan manfaat, ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda melakukan spa saat hamil. Berikut ini informasinya.

Lakukan Diusia Kehamilan yang Tepat

Ibu hamil bisa melakukan spa setelah usia kehamilan 12 minggu atau memasuki trimester kedua. Kemudian hindari kembali pijat ibu hamil saat usia kehamilan sudah semakin mendekati waktu persalinan (usia kehamilan 32 minggu ke atas). Selain itu, pemijatan saat spa sebaiknya dilakukan dalam kondisi berbaring terlentang atau dengan posisi duduk. Intinya carilah posisi yang membuat ibu hamil merasa nyaman saat pemijatan. Hindari pemijatan pada perut. Pemijatan ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga terlatih.

Pijatan

Ketika dilakukan pemijatan, Anda yang sedang hamil perlu memberitahukan terapis Anda sejauh mana kekuatan pijatan yang dibutuhkan. Bila refleksi termasuk ke dalam bagian dari perawatan, terapis bisa menghindari titik pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki, karena bisa membuat Anda kram.

Sebenarnya berbaring di atas perut selama pemijatan masih tergolong aman, asalkan Anda merasa nyaman. Namun, bila berbaring telentang setelah kehamilan berusia lima bulan, berisiko menyebabkan tekanan darah turun dan membuat Anda merasa lemah. Maka dari itu, kebanyakan terapis akan menggunakan bantal dan posisi berbaring ke samping untuk memijat Anda.

Kulit yang Sensitif

Ketika sedang hamil, tidak jarang jika kulit Anda menjadi lebih sensitif dari sebelumnya. Maka dari itu, sebaiknya lewatkan lulur scrub dan proses pengelupasan kulit dengan mikrodermabrasi dan zat kimia lainnya, untuk menghindari iritasi. Selain hal-hal tersebut, facial yang dilakukan dengan lembut cenderung aman untuk Anda.

Namun ada baiknya untuk semua lotion dan ramuan yang digunakan selama perawatan spa, perlu dilakukan uji coba untuk melihat apa yang terjadi. Bila tidak ada keluhan setelah 10 menit, maka lotion dan ramuan bisa digunakan pada tubuh Anda. Hal ini perlu dilakukan karena ada beberapa jenis wewangian dalam perawatan spa yang mampu menimbulkan kontraksi rahim, membuat kulit menjadi semakin sensitif, dan efek toksik.

Tetap ‘Dingin’

Selama hamil jangan melakukan jacuzzi, sauna, atau perawatan apapun yang dapat menaikkan panas suhu tubuh. Hal ini dikarenakan berada dalam bak air panas saat usia kehamilan empat sampai enam minggu pertama kehamilan bisa memicu terjadinya keguguran. Ini disebabkan ketika kulit Anda memanas, bisa membuat pembuluh darah melebar dan mengambil darah dari plasenta, sehingga menimbulkan risiko tinggi untuk persalinan prematur, cacat lahir seperti spina bifida (cacat tabung syaraf), dan yang lebih parah ibu hamil bisa melakukan keguguran.

Perlu diingat, sebelum melakukan spa, ada baiknya ibu hamil mencari tahu dulu tempat spa yang menyediakan layanan spa untuk ibu hamil. Anda bisa mencari tahu dengan bertanya pada teman atau melalui internet. Tanyakanlah banyak pertanyaan pada terapis jika Anda merasa ragu. Karena Anda tetap harus bijaksana untuk menentukan jenis perawatan yang aman bagi Anda dan calon bayi.

Saat ini ada banyak sekali tempat spa yang tersedia. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget Anda. Selain itu, Anda saat ini tidak perlu repot-repot mengantre terlalu lama di tempat spa untuk melakukan booking spa. Karena Anda bisa melakukan booking spa di aplikasi Fitnesia.

Sebagai salah satu online booking platform di Indonesia, Anda bisa melakukan booking spa yang lokasinya dekat dengan rumah atau kantor Anda. Saat ini Fitnesia sudah bekerjasama dengan banyak tempat spa di daerah Jabodetabek. Bagi Anda yang ingin melakukan booking salon kecantikan menggunakan Fitnesia, silakan unduh aplikasinya di App Store atau Google Play sekarang ya.