4 Manfaat dan Tips Yoga untuk Anak agar Aman dan Nyaman

Yoga bisa dilakukan oleh anak-anak. Berikut ini terdapat 4 Manfaat yoga untuk anak yang bisa ia peroleh dan tips memulai yoga untuk anak agar ia merasa aman dan nyaman saat melakukannya.

yoga untuk anak

Mungkin sebagian dari Anda ada yang menyangka jika yoga hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja. Sebenarnya olahraga yang satu ini bisa juga dilakukan oleh anak-anak. Yoga sendiri adalah olahraga dari India yang menitikberatkan pada penyatuan pikiran, tubuh dan jiwa, serta membangkitkan koneksi antara manusia dan lingkungannya.

Yoga untuk anak sebenarnya lebih mengacu pada aktivitas fisik yang menyenangkan untuk mereka, tapi tetap memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran anak. Kira-kira apa saja manfaat yoga untuk anak dan tips memulainya? Berikut ini informasi selengkapnya untuk Anda.

 Menyehatkan Fisik dan Mental Anak

Terdapat hubungkan antara yoga pada kesehatan tubuh, yakni yoga dipercaya bisa memberikan efek positif pada anak yang memiliki asma, autism, irritable bowel syndrome (IBS), dan ADHD. Latihan pikiran dan badan yang ada pada yoga bisa membantu anak-anak mengatasi berbagai kondisi kesehatan mental maupun tubuhnya.

Meningkatkan Kekuatan Fisik Anak

Yoga untuk anak juga bagus untuk meningkatkan kekuatan fisik mereka, karena pada gerakannya mereka belajar dan menggunakan semua otot mereka. Dengan begitu, diharapkan anak-anak bisa memanfaatkan tubuhnya secara efisien.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Rasa kepercayaan diri pada anak bisa meningkat melalui yoga. Hal ini dikarenakan saat anak telah mampu mempraktikkan gerakan yoga untuk anak, maka ia akan merasa senang dan bangga pada dirinya sendiri dan otomatis memunculkan rasa percaya diri.

Memperbaiki Konsentrasi dan Fokus Anak

Yoga untuk anak juga mampu memperbaiki keseimbangan fisik mereka. Manfaat ini diperoleh dari gerakan yoga yang membuat anak-anak melatih motorik kasar dan motorik halusnya. Selain itu, anak-anak menjadi lebih berkonsentrasi, karena terkadang, ada gerakan yang memerlukan fokus khusus untuk mencapai pose tertentu atau tetap seimbang.

Tips Yoga untuk Anak agar Aman dan Nyaman

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika orangtua hendak ingin memasukkan anak ke kelas yoga. Pada dasarnya tubuh anak-anak masih cukup lentur. Meskipun demikian, orangtua atau instruktur yoga harus memastikan dan mengetahui ketegangan otot dan sendi-sendi tubuh yang berpotensi mengalami cedera. Instruktur yoga harus mendengarkan tubuh anak didiknya dan berhenti jika dirasa tidak nyaman. Jangan memaksakan pose yoga untuk anak.

Selain itu, perhatikan kondisi kesehatan sang anak secara keseluruhan sebelum memasukkan anak ke kelas yoga untuk anak. Anak-anak yang memiliki masalah kesehatan seperti anak yang memiliki asma, bronkitis, hernia, atau kesulitan bernapas lainnya perlu menghindari teknik pernapasan tertentu. Sementara jika anak Anda mengalami migrain perlu menghindari pose yang membawa tekanan ekstra ke kepala mereka.

Lakukanlah latihan yoga untuk anak, di tempat yang aman dan menggunakan matras. Suhu ruangan juga perlu dijaga pada suhu yang lebih rendah dan nyaman agar sang anak bisa bergerak dan bernapas menjadi lebih nyaman.

Itulah 4 manfaat dan tips melakukan yoga untuk anak yang perlu diketahui. Saat ini tersedia banyak tempat kelas yoga untuk anak yang ada di sekitaran Jakarta. Anda bisa mencari informasi terkait tempat latihan yoga untuk anak-anak dan melakukan booking kelas tempat latihan yoga untuk anak lewat layanan Fitnesia baik lewat situsnya di www.fitnesia.com atau aplikasi Fitnesia yang bisa diunduh di App Store maupun Google Play.