5 Pose “Power Boosting” Untuk Aktivitas di Pagi Hari

Pernahkan kamu bangun pagi namun tubuh terasa sangat lelah dan tidak fresh?. Hal tersebut terjadi karena tubuh membutuhkan lebih dari tidur yang cukup atupun secangkir kopi di pagi hari. Ketika kita tidur di malam hari, seluruh energi sentral (tulang belakang) menjadi stagnan dan terkunci. Oleh karena itu cara terbaik untuk menggerakkan energi adalah dengan menggerakkan tulang belakang.

Untuk menghasilkan energi dan tenaga, ada beberapa pose yoga yang bisa kamu coba di pagi hari. Berikut 5 pose penguat energi yang akan merangsang sistem saraf simpatik pada tubuh dan membuat kamu tetap fit sepanjang hari!

Standing Backbend

Sambil menarik nafas angkat kedua lengan keatas dan membengkokkan tubuh kearah belakang secara perlahan-lahan. Hembuskan nafas dan turunkan salah satu lengan ke samping tubuh kita sambil tetap mengangkat lengan yang lainnya. Lemaskan otot lehar dan biarkan kepala tergantung, rasakan tarikan pada daerah dada dan otot samping tubuh kita.

High Lunge

Gerakan yoga selanjutnya ini sangat baik untuk kamu yang suka jogging atau marathon. Ketika dipraktikkan, High Lunge dapat membangkitkan kembali kekuatan otot kaki dan fleksibelitasnya. Tak cuma itu, keseluruhan otot batang tubuh juga turut meningkat dari segi kekuatan dan keseimbangannya. Pose ini juga bagus bila kamu ingin meregangkan otot-otot di daerah kaki dan jari-jarinya.

Warrior 2

Gerakan ini berfungsi untuk peregangan pinggul, paha bagian dalam, dada, serta menguatkan otot kaki, perut dan bahu. Gerakan dilakukan dengan posisi kaki terbuka, jari-jari kaki kanan menunjuk ke arah depan, sedangkan kaki kiri diputar 30 derajat. Angkat lengan setinggi bahu sejajar dengan lantai, telapak tangan menghadap ke bawah. Tekuk lutut kanan sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat. Kerutkan tulang ekor dengan lembut seperti menarik perut, tahan napas selama 5 hembusan, keluarkan melalui hidung. Luruskan kaki kanan dan ulangi pada sisi yang berlawanan

Wild Thing

Angkat kaki kanan kamu. Tumpukan pinggul kanan di bagian atas kiri dan tekuk lutut kanan. Mulailah menggeser berat badan kamu ke tangan kiri, gulung ke tepi luar kaki kiri, dan gulingkan pinggul kanan sedemikian banyak sehingga kaki kanan kamu jatuh ke tanah. Tekan kuat ke kaki kamu dan tangan kiri mengangkat pinggul lebih tinggi lagi. Jika tidak apa-apa di leher, jatuhkan kepala ke belakang.

Camel Pose

Berdiri di atas lutut dan beri jarak antar kedua kaki. Letakkan tangan di pinggul dengan ibu jari mengarah keluar dan jari-jari lainnya ke bawah. Gerakan kepala ke atas secara perlahan hingga melihat ke arah belakang dan letakkan kedua tangan di atas tumit. Dengan posisi kepala tetap rileks, tarik dan buang nafas melalui hidung serta dorong pinggul ke arah depan. Tahan posisi ini dengan hitungan 3-5 tarikan nafas lalu tarik badan ke arah depan dan kembali ke posisi duduk.