Hindari Cedera dengan Mengikuti 6 Tips Melakukan Gym Bagi Pemula

Anda yang pemula dalam nge-gym perlu melakukan 6 tips berikut ini untuk menghindari adanya cedera saat melakukannya diawal-awal. Berikut tips selengkapnya.

bisnis gym

Tidak dipungkiri lagi jika rutin melakukan olahraga di tempat gym mampu membantu menjaga kebugaran tubuh penurunan berat badan. Maka dari itu, banyak orang yang memilih nge-gym dikesehariannya. Bagi Anda yang masih pemula, sebenarnya tidak perlu langsung menjalani jadwal gym yang berat. Bagi Anda yang pemula, sebelum benar-benar melakukan nge-gym, Anda perlu tahu tips bagi pemula berikut ini.

Mulai Secara Perlahan-Lahan

Jika baru pertama kali melakukan gym, jangan langsung melakukannya 5 hari seminggu. Hal ini karena bisa membuat tubuh ‘kaget’ dan imbasnya badan Anda akan merasakan sakit selama beberapa hari. Sebaiknya melakukan gym untuk pemula dilakukan secara perlahan-lahan dengan secara bertahap beberapa hari sekali, yakni dengan melakukannya 2-3 hari per minggu, setidaknya 30 menit per hari. Bagi Anda yang belum pernah mencoba gym, sebaiknya lakukan 1-2 hari per minggu.

Jangan Lupakan Peregangan

Ketika ingin melakukan gym, salah satu yang penting bukan hanya pemanasan, tapi perlu juga melakukan peregangan otot sebelum dan setelah melakukan latihan di gym. Pemanasan dan peregangan bisa mengurangi risiko cedera ketika sedang berolahraga. Ketika sedang melakukan pemanasan, Anda harus meregangkan otot dan menahannya sekitar 15 detik agar terhindar dari cedera.

Ketahui Berat Beban dan Menggunakan Alat Fitness yang Benar

Tida jarang orang yang baru pertama kali melakukan olahraga di gym merasa bingung. Tapi kebanyakan mereka ini hanya takut bertanya untuk meminta bantuan. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda perlu bertanya pada petugas yang akan membantu Anda menjelaskan bagaimana cara yang benar menggunakan alat tertentu, sekaligus memberi tahu fungsi alat tersebut.

Dengan bertanya, Anda juga bisa terhindar dari cedera yang disebabkan oleh ketidaktahuan Anda sendiri. Banyak pemula yang malas bertanya, malah memulai latihan dengan beban paling berat yang bisa mereka angkat. Yang benar sebenarnya dimulai dari yang paling ringan dulu dan tidak meningkatkan berat dulu dalam setiap minggunya. Hal ini untuk menghindari cedera dan merasakan manfaat dari nge-gym.

Lakukan Cardio Terlebih Dahulu

Bila Anda baru pertama kali pergi ke gym, sebaiknya mulailah dengan melakukan cardio. Hal ini untuk mempersiapkan tubuh dalam berolahraga dan sebagai sinyal bagi tubuh jika sedang berolahraga. Anda bisa memulai dengan treadmill dengan mengatur kecepatan yang bertahap.

Jangan Hanya Fokus pada Satu Anggota Tubuh

Sebaiknya Anda menggabungkan berbagai bidang olahraga yang Anda lakukan ketika di tempat gym. Sebisa mungkin dalam satu hari, lakukan aktivitas lain secara bergantian. Aktivitas olahraga yang sama bisa membuat Anda cepat bosan. Misalnya, jangan lari terus di treadmill. Anda juga bisa melakukan beragam olahraga seperti aerobik, fleksibilitas (termasuk yoga), olahraga kekuatan (resistensi), dan olahraga keseimbangan. Ketika melakukan latihan kekuatan, hindari fokus pada satu area tubuh saja seperti lengan atau dada. Lakukan hal yang sama pada semua area tubuh Anda misalnya betis, bahu, perut, punggung, dan sebagainya.

Baca Juga: Kemudahan Booking Tempat Olahraga Online Menggunakan Aplikasi Fitnesia

Ketahui Kapan Waktu untuk Beristirahat

Seperti yang telah dijelaskan di poin pertama, untuk prmula jangan nge-gym setiap hari. Karena tubuh Anda perlu beristirahat untuk mengimbangi waktu olahraga. Tubuh bila tidak memiliki waktu istirahat, bisa membuat tubuh dan otot tidak memiliki waktu untuk memulihkan diri. Dengan begitu, kemampuan tubuh Anda akan turun dan tubuh Anda akan sulit pulih dengan dengan cepat.

Jangan khawatir bila setelah melakukan nge-gym, tubuh merasa sakit atau nyeri. Kondisi ini bukan karena cedera. Tapi, itu menandakan otot Anda sudah mulai merasakan efeknya. Sebisa mungkin biarkan rasa sakit dan nyeri tersebut bisa hilang secara alami.

Saat ini sudah banyak tempat gym yang bisa Anda pilih yang dirasa dekat dari rumah, kantor, atau kampus Anda. Selain itu, sekarang Anda juga bisa melakukan booking tempat gym dengan cepat tanpa repot harus mengantre lama. Anda bisa meggunakan aplikasi Fitnesia yang merupakan aplikasi booking online untuk memesan tempat olahraga, salah satunya tempat gym.

Selain itu, di aplikasi Fitnesia juga memungkinkan Anda untuk mengelola bisnis gym, bila ingin membukanya. Aplikasi bisnis gym Fitnesia membantu dan memberi kemudahan dalam mengelola bisnis gym Anda. Aplikasi bisnis gym ini memberi kemudahan mengatur dan melacak reservasi, membership, produk, pelanggan, staf, pemasaran, laporan, dan berbagai hal penting lainnya dalam bisnis Anda.

Tidak hanya itu, di aplikasi bisnis gym Fitnesia juga tersedia fasilitas pembukuan keuangan yang lengkap sehingga memudahkan untuk mengatur keuangan dengan lebih terperinci. Informasi lebih lanjut langsung buka https://fitnesia.com/for-business atau hubungi sales@fitnesia.com, Anda juga bisa mencoba gratis aplikasi ini selama 14 hari.