Hitung Kalori Hidangan Lebaran Ini Sebelum Menyantapnya

Hari raya lebaran menjadi hari yang sangat dinanti-nantikan oleh muslim di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Meriahnya hari raya juga menjadi ajang “makan besar” sebagai bentuk award karena sudah berpuasa sebulan penuh. Tidak lengkap rasanya jika lebaran dilewatkan tanpa makanan-makanan khas lebaran mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, hingga kue nastar. Sebelum menikmati hidangan lebaran nanti, ada baiknya anda mengetahui kalori yang terkandung dari hidangan tersebut.

Ketupat

Hidangan yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi di telinga anda, ketupat sudah menjadi menu wajib ketika lebaran disandingkan bersama opor ayam. Tapi tahukah anda? 1 porsi ketupat mengandung 160 kkal kalori, sedangkan opor ayam mengandung 392 kkal kalori. Jika digabungkan, kalori total dari 1 porsi menu ini adalah 552 kkal.

Rendang

Hidangan khas dari Sumatera Barat yang juga merupakan salah satu makanan terenak di dunia ini menjadi hidangan wajib saat lebaran. Meskipun memiliki cita rasa yang unik, ternyata mengandung kalori yang tidak sedikit lho. Dalam 1 porsi rendang (240 g), terdapat kalori sebanyak 468 kkal.

Gulai

Gulai ayam atau daging biasanya juga ikut dihidangkan dan menjadi salah satu menu lebaran favorit, namun tahukah anda? kalori yang dihasilkan dari 1 porsi hidangan bersantan ini tidak jauh berbeda dengan opor ayam. Dalam 1 porsi gulai (187 g), terdapat 204 kkal kalori.

Kue Lebaran

Nastar merupakan salah satu kudapan yang paling diminati saat lebaran tiba. Selain karena cita rasa selai nanasnya yang lezat, renyahnya nastar juga membuat kue ini menjadi kue wajib ketika lebaran. Dalam 100 gram nastar mengandung kalori yang lebih besar dari gulai, yaitu 375 kkal kalori.

Minuman Buah

Minuman buah atau minuman manis kerap menjadi penghilang dahaga ketika buka puasa, dan juga tidak pernah absen  merupakan salah satu minuman wajib ketika lebaran. Tapi tahukah anda? 1 gelas minuman buah mengandung kalori sebesar 114 kkal.