Kenalan dengan Prenatal Yoga yang Baik Bagi Ibu Hamil

Prenatal yoga cukup baik dilakukan bagi ibu hamil. Berikut informasi terkait prenatal yoga yang perlu Anda ketahui.

bisnis studio yoga

Sesuai namanya prenatal yoga atau yoga hamil merupakan jenis yoga khusus untuk ibu hamil. Jenis yoga ini mampu  membantu calon ibu secara fisik dan mental. Gerakan dari prenatal yoga lebih sederhana dan lebih mudah daripada gerakan yoga pada umumnya. Sehingga ibu hamil tidak akan mengalami kesulitan untuk mempraktikkan karena disesuaikan dengan kondisi ibu hamil.

Beberapa hal yang dilatih dari prenatal yoga adalah fokus melakukan pemanasan (gentle stretching), pernafasan (breathing), postur (gerakan yoga) yang kebanyakan fokus pada latihan untuk area pinggul, dan pendinginan (cooling down and relaxation). Prenatal yoga sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas, mempersiapkan tubuh agar lebih siap menjelang proses kelahiran, serta meningkatkan keseimbangan. Berlatih prenatal yoga bisa dilakukan sejak awal kehamilan. Namun, ada baiknya sebelum melakukan prenatal yoga, Anda bertanya terlebih dulu pada dokter kandungan.

Untuk berlatih prenatal yoga, sebaiknya lakukan latihan sebanyak 1-2 kali seminggu di studio yoga dengan setiap sesi adalah 60-75 menit. Sementara bila Anda melakukannya di rumah, lakukan setiap hari selama 30 menit secara rutin. Anda bisa memulai dengan melatih teknik pernapasan 15 menit dan pose-pose yoga yang berfokus pada area lengan, pinggul, dan stretching selama 15 menit. Selain melakukan prenatal yoga, Anda juga bisa melakukan olahraga lain seperti berenang dan jalan kaki untuk selalu aktif dan sehat selama masa kehamilan.

Lakukan Prenatal Yoga di Studio Yoga

studio yoga jakarta

 

Sebenarnya untuk melakukan prenatal yoga bisa dilakukan baik di studio yoga maupun di rumah. Tetapi sebagai permulaan khususnya bagi Anda yang belum pernah melakukan yoga, sebaiknya lakukan dulu di studio guna mengetahui gerakan-gerakan yoga yang tepat untuk kondisi kehamilan Anda. Setelah mengetahui dan Anda merasa bisa melakukannya sendiri, Anda bisa memulai untuk berlatih di rumah.

Bukan hanya untuk orang yang belum pernah melakukan yoga, untuk Anda yang sudah terbiasa berlatih yoga secara rutin sejak sebelum hamil pun, ada beberapa postur yoga non-prenatal yang tidak bisa dilakukan. Bila Anda ingin berlatih di rumah, sebaiknya cari video-video yoga hamil secara online atau mungkin menerapkan beberapa postur dari kelas prenatal yoga yang Anda ikuti sebelumnya.

Bila Anda ingin berlatih di studio, selain Anda bisa diajarkan oleh instruktur yoga, Anda bisa bertemu dan berkenalan dengan ibu hamil lain yang mengikuti kelas yoga sekaligus bertukar info seputar kehamilan.

Saat ini, sudah banyak studio yoga Jakarta yang tersedia. Anda bisa memilih sesuai dengan jarak dari rumah Anda. Untuk mempermudah Anda melakukan prenatal yoga, Anda bisa melakukan booking di Fitnesia yang merupakan aplikasi booking online yang mempermudah Anda melakukan booking studio yoga Jakarta lewat smartphone Anda.

Beberapa studio yoga yang ada di Fitnesia, yakni Yoga@42 yang berada di Jalan New Delhi Pintu 1 Plaza Senayan, Jakarta Selatan. Lokasi berikutnya terdapat di Lippo Mall Kemang, Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Selain itu, ada Nujuh Bulan Studio terletak di Ruko Kebayoran Arcade 2 Blok B1/10 Jalan Boulevard Raya, Bintaro, Tangerang Selatan.

Yang perlu diketahui, bila saat berlatih yoga hamil Anda merasa kelelahan saat melakukannya, istirahatkan tubuh sejenak di sela-sela latihan Anda. Ketika berlatih jangan melakukannya secara terburu-buru, karena dalam berlatih yoga yang terpenting adalah Anda perlu merasa nyaman dan rileks ketika sedang dan sesudah berlatih, sehingga manfaat yoga di kala hamil akan terasa.

Bagi Anda yang ingin melakukan booking studio yoga Jakarta melalui Fitnesia, bisa dilakukan lewat website resminya di www.fitnesia.com atau unduh aplikasinya di App Store atau Google Play.