Pengguna Hijab, Wajib Coba 7 Cara untuk Merawat Rambut yang Benar

Bagi pengguna hijab juga rentan mengalami rambut bermasalah. Untuk meminimalisir masalah rambut, berikut 7 cara merawat rambut bagi pengguna hijab.

aplikasi salon

Ada sebagian orang yang mengganggap jika hijab adalah perlindungan hebat untuk kesehatan rambut. Hijab dianggap bisa melindungi rambut dari paparan lingkungan luar seperti matahari, angin, udara, hujan, dan asap polusi. Selain itu, wanita berhijab cenderung jarang menggunakan produk seperti harspray untuk penataan rambut lainnya yang bisa berperan terhadap kerusakan rambut dan menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.

Kendati demikian, jangan jadikan hijab sebagai alasan untuk tidak menjaga keindahan rambut Anda. Wanita berhijab justru perlu melakukan perawatan dan perhatian ekstra karena menghadapi kondisi rambut yang berbeda dengan wanita yang tidak memakai hijab. Jika rambut tidak dirawat bisa membuatnya mengalami kerusakan seperti rambut kering atau rapuh, rambut rontok dan kusut, rambut patah hingga ketombe. Jika Anda tidak mau itu terjadi, ikutilah beberapa tips ini agar rambut tetap sehat dibalut hijab.

Rajin Keramas dan Menggunakan Conditioner

Hijab memang bisa melindungi rambut dari polusi dan panas. Tetapi, membuat rambut menjadi berminyak dan lembap karena terus-menerus ditutupi hijab. Untuk menghindari minyak dan rontok pada rambut, Anda harus rajin untuk membersihkan rambut dan jangan lupa menggunakan conditioner. Menggunakan conditioner bisa membuat rambut ternutrisi dan lebih kuat serta sehat.

Menggunakan Masker Rambut

Penggunaan masker rambut juga penting untuk menjaga kesehatan rambut wanita berhijab. Oleskan masker rambut yang memiliki kandungan vitamin sebanyak dua-tiga kali seminggu. Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut Anda tumbuh lebih baik.

Pakai Hijab Ketika Rambut Kering

Gunakanlah hijab ketika rambut sudah kering. Dikarenakan rambut yang masih basah cenderung mudah patah. Bila sedang terburu-buru, sebaiknya pakai kerudung berbahan satin dan jangan mengikat rambut ya agar rambut bisa bernafas dan kering dengan sendirinya.

Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Hindari mengikat rambut terlalu kencang.  Sebaiknya tatalah rambut dengan kuncir kuda atau cepolan longgar di bawah jilbab. Bila diikat terlalu kencang bisa mengurangi kekuatan setiap helai rambut sehingga menyebabkan rambut rontok. Satu hal yang perlu diingat, wanita berhijab perlu mencoba untuk mengubah belahan rambut dari waktu ke waktu untuk mencegah garis tepi rambut Anda menipis dan rontok.

Jangan Menarik Rambut Terlalu Keras

Menarik rambut terlalu keras bisa membuat rambut mudah patah atau rontok. Bila rambut Anda  menjadi lepek, bisa diatasi dengan menggunakan jari Anda untuk mengurut kulit kepala. Selain itu, Anda bisa merubah belahan rambut untuk mengatasi rambut yang lepek secara rutin.

Pilih Bahan Hijab yang Nyaman di Kulit

aplikasi salon fitnesia

Wanita  perlu tahu macam-macam bahan untuk hijab. Sebaiknya gunakan kain yang ramah kulit yang memiliki jalur keluar-masuk udara. Bisa juga menggunakan hijab dari serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut Anda seperti kain chiffon atau katun, memungkinkan rambut Anda untuk bernapas lebih baik. Ketika cuaca sedang panas, gunakan jilbab berkain tipis dan adem.

Memotong Ujung Rambut

Wanita berhijab juga perlu sering memotong ujung rambut, agar rambut lebih sehat. Ini karena ketika rambut Anda sering diikat, ujung-ujung rambut bisa mengalami kerusakan. Sebaiknya lakukanlah pemotongan rambut di salon agar bisa memotong rambut Anda secara rapi. Bila malas mengantre terlalu lama di salon, sebaiknya gunakan saja aplikasi salon Fitnesia. Apa itu aplikasi salon Fitnesia? Aplikasi ini adalah online booking platform yang membantu memudahkan Anda untuk menemukan dan memesan berbagai aktivitas di salon kecantikan, studio, gym, fasilitas olahraga, dan spa terdekat dengan harga yang terjangkau, yakni bisa mendapatkan potongan harga hingga 70% dibandingkan datang langsung ketempatnya.

Anda bisa menggunakan aplikasi salon Fitnesia dengan men-download lebih dulu di Google Play atau App Store. Jadi, menggunakan aplikasi salon Fitnesia melakukan perawatan rambut bisa jadi lebih mudah dan hemat, bukan?