Perhatikan 5 Hal Ini saat Ingin Olahraga di Bulan Puasa

Olahraga saat puasa dianjurkan untuk menjaga kebugaran selama bulan Ramadhan. Namun, bukan asal berolahraga. Anda harus memerhatikan 5 hal ini agar olahraga dan puasamu tidak terganggu.

aplikasi gym

Semua umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia sebentar lagi akan menyambut bulan Ramadhan. Di Indonesia sendiri umat muslim menjalankan ibadah puasa kurang lebih 10–12 jam, di mana tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman apapun. Meski demikian, Anda harus tetap menjaga kesehatan agar bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dan ibadah puasa dengan lancar. Salah satu cara menjaga kesehatan saat puasa adalah dengan berolahraga. Melakukan olahraga saat berpuasa tetap diperbolehkan apalagi jika Anda memang rutin berolahraga sebelumnya.

Berolahraga saat berpuasa bisa memberikan manfaat tersendiri. Beberapa di antaranya, yakni mengoptimalkan kinerja hormon. Perlu diketahui, jika perut yang kosong bisa memicu perubahan hormon di dalam tubuh dan membantu pembentukan otot dan pembakaran lemak lebih cepat. Selain itu, ketika berolahraga saat berpuasa bisa meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes.

Meskipun demikian, tak dipungkiri saat menjalankan puasa badan akan merasa lebih lemas. Tapi jangan khawatir, agar terhindar dari bahaya atau gangguan kesehatan ketika berolahraga saat puasa, maka Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut:

Waktu Olahraga yang Tepat

Ketika berpuasa, penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Terdapat beberapa anjuran waktu untuk melakukan olahraga, yakni:

  1. Lakukan olahraga di pagi hari setelah sahur. Di waktu tersebut tubuh Anda masih segar dan cadangan energi masih banyak. Bila Anda ingin melakukan olahraga di pagi hari, sebaiknya pilih olahraga ringan yang tidak menguras banyak tenaga seperti berjalan mengelilingi kompleks.
  2. Menjelang buka puasa, Anda juga bisa melakukan olahraga seperti bersepeda, berenang, atau yoga. Energi dan cairan yang hilang akibat olahraga bisa langsung digantikan ketika berbuka puasa.
  3. Bila Anda melakukan olahraga berat atau angkat beban, sebaiknya dilakukan setelah waktu tarawih atau setidaknya 1 jam setelah berbuka puasa.

Intensitas dan Durasi Olahraga

Olahraga yang bisa Anda lakukan saat berpuasa adalah olahraga dengan intensitas ringan dan sedang, seperti jalan cepat, jogging, yoga, dan bersepeda. Disarankan melakukan olahraga tersebut kurang lebih 30 menit 2–3 kali dalam seminggu. Bila memungkinkan, Anda bisa meningkatkan intensitas dan durasi olahraga seiring berjalannya waktu yang disesuaikan dengan kemampuanmu.

Pahami Kemampuan Tubuh

Bila saat melakukan olahraga Anda merasa lemas, gemetar, pusing, mata berkunang-kunang, tubuh sempoyongan, dan keringat dingin, sebaiknya segera beristirahat dan hentikan kegiatan olahraga yang sedang dilakukan. Anda harus mengetahui sampai mana batas kemampuan fisik Anda. Karena tujuan olahraga saat berpuasa, yakni untuk menjaga kebugaran tubuh sehingga Anda tak perlu melakukan olahraga di luar batas kemampuan Anda.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Masalah yang sering dialami saat puasa adalah dehidrasi atau kekurangan cairan, apalagi bila Anda melakukan olahraga. Maka dari itu, Anda harus mencukupkan kebutuhan cairan dengan selalu mengonsumsi air putih minimal 2 liter per hari di antara waktu berbuka hingga sahur.

Nutrisi saat Sahur dan Berbuka

aplikasi gym terbaik

Jaga asupan nutrisi Anda agar tetap seimbang. Sebisa mungkin untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks membuat seseorang merasa kenyang lebih lama seperti beras merah, gandum, kacang-kacangan, dan sayuran. Makanan-makanan tersebut termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks yang bisa Anda masukkan dalam menu sahur. Selain itu, konsumsi pula sejumlah protein yang cukup.

Itulah 5 hal yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan olahraga disaat bulan Ramadhan yang bisa menjadi panduan untuk menjaga kebugaran selama puasa. Bagi Anda yang ingin melakukan olahraga yang sedikit berat saat bulan puasa, Anda bisa juga melakukan olahraga di tempat gym yang menyediakan banyak fasilitas olahraga yang bisa membantu Anda lebih optimal lagi dalam melakukan aktivitas olahraga.

Saat ini ada banyak aplikasi gym yang memudahkan konsumen. Ya, aplikasi gym saat ini sudah banyak bermunculan guna mempermudah masyarakat untuk bisa melakukan gym sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu aplikasi gym terbaik buatan Indonesia adalah Fitnesia. Aplikasi gym terbaik Fitnesia adalah online booking platform yang memudahkan Anda menemukan dan memesan tempat gym terdekat. Lewat aplikasi gym terbaik ini Anda bisa mencari dan melakukan booking aktivitas gym dengan mudah dan harga yang terjangkau.

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi gym terbaik ini Anda tidak perlu menjadi anggota atau membayar biaya registrasi untuk menggunakan Fitnesia. Anda hanya perlu bayar aktivitas yang dinginkan saja. Menggunakan aplikasi gym terbaik Fitnesia, Anda bisa menentukan sendiri jadwal olahraga dan tempat yang ingin didatangi. Selain itu, aplikasi gym terbaik ini telah bekerjasama dengan berbagai pusat gym yang berada di Jabodetabek, sehingga memudahkan Anda memilih tempat gym yang dekat dengan lokasi di mana Anda berada

Untuk mengetahui apa saja fitur yang ada di aplikasi gym terbaik Fitnesia, Anda bisa mengunduhya di App Store maupun Google Play. Untuk info lebih lanjut terkait aplikasi gym yang ada di Fitnesia silakan kunjungi situs resminya di www.fitnesia.com.