Waktu Terbaik Untuk Berolahraga di Bulan Puasa

Banyak yang beranggapan bahwa berolahraga di bulan puasa hanya akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk karena kekurangan cairan dan nutrisi. Hamdan Khouri, seorang personal trainer di Abu Dhabi juga menyebutkan bahwa fitness dan olahraga yang baik terdiri dari 30 % latihan & 70% nutrisi. Lalu bagaimana dengan berolahraga di bulan Ramadhan dimana tubuh tidak dapat menerima nutrisi dengan jumlah yang cukup?. Salah satu cara agar olahraga kamu tetap berjalan maksimal meskipun dengan minim nutrisi, adalah dengan mengatur waktu olahraga kamu.  Simak ulasan Fitnesia untuk mengetahui waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa.

Sebelum Sahur

Jika pada hari-hari biasa olahraga sebelum sarapan pagi merupakan salah satu waktu yang efektif untuk mengembalikan kondisi tubuh, maka sama halnya dengan bulan Ramadhan. Kamu dapat menggeser waktu olahraga 1 jam sebelum sahur. Waktu ini merupakan waktu yang tepat karena nutrisi maupun protein yang hilang setelah berolahraga akan dikembalikan dengan makanan yang kamu konsumsi ketika sahur dan membuat tubuh menjadi lebih fit untuk beraktifitas di pagi hari. Lari dan bersepeda dapat menjadi olahraga pilihan sebelum sahur.

Sebelum Berbuka Puasa

Di sore hari atau menjelang berbuka puasa tubuh akan mengalami kondisi kekurangan nutrisi, cairan dan juga energi. Oleh karena itu, kamu tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga yang mengandalkan kekuatan. Dengan berolahraga sebelum berbuka, tubuh tidak akan kehilangan cairan terlalu lama dan akan langsung tergantikan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika berbuka puasa. Di waktu ini, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga, senam ataupun bersepeda. Waktu yang dianjurkan adalah 1jam/30 menit sebelum berbuka dan pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat, untuk kembali menutrisi tubuh dan memperkuat massa otot.

Setelah Berbuka Puasa

Jika tidak mempunyai waktu berolahraga ketika sahur dan sebelum berbuka puasa, maka olahraga setelah berbuka merupakan salah satu pilihan yang baik untuk kamu. Berolahraga setelah berbuka dapat membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak setelah mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori. Kamu dapat memilih berolahraga setelah tarawih. Jika kamu akan beraktifitas di pagi hari setelah sahur maka tidak dianjurkan untuk berolahraga setelah tarawih, karena akan mengganggu waktu tidur sehingga akan berdampak pada gangguan pada sistem metabolime dan membuat tubuh kamu menjadi tidak fit. Usahakan melakukan olahraga 4 jam sebelum waktu tidur. Di waktu ini kamu bisa melakukan olahraga berat seperti Muay Thai, Boxing atau Fitness.